Connect with us

News

Kawasan Jalan Tol IKN 3B Ditanami 100 Jenis Pohon Endemik Jawa

Published

on

Di kawasan Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung ditanami 100 jenis pohon endemik Jawa [timenews]

IKN, Bindo.id – Aspek lingkungan pada pembangunan proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi perhatian utama. 

Di kawasan Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung ditanami 100 jenis pohon endemik Jawa.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mendapat mandat untuk membangun Tol ini.

WIKA ikut berkontribusi untuk mewujudkan IKN menjadi Smart Forest City, atau konsep kota yang memiliki ekosistem hutan yang cerdas. 

Semua jenis pohon berjumlah 4.930 bibit itu ditanam di area kawasan proyek. Area tersebut difungsikan sebagai persemaian atau nursery,

Bibit itu akan dipelihara sampai siap untuk ditanam kembali pada sepanjang ruas jalan tol IKN.

“Dengan demikian, WIKA mendorong agar pelaksanaan infrastruktur juga dibarengi dengan program penghijauan, sehingga konsep Smart Forest City dapat terealisasi sejak fase konstruksi,” tutur Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito, Senin (1/7/2024).

Hasil dari persemaian pohon itu, 90 persen dari tanaman yang dipelihara sudah ditanam di lereng Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung dengang panjang 6 kilometer.

Sejumlah pohon yang ditanam di sana yakni pohon Mahoni, Kenari, Angsana, Pule, Merbau, serta pohon lainnya.

Saat pelaksanaannya, distribusi tanaman dilaksanakan dengan 2 tahap. Tujuan hal ini yakni mempertimbangkan kematangan lahan maupun progres pembangunan di masing-masing paket proyeknya.

Program persemaian serta pendistribusian tanaman ini menjadi program kolaborasi Kementerian PUPR, Persatuan Purnawira TNI-Angkatan Darat (PPAD) serta Perusahaan-Perusahaan Pelaksana Konstruksi di IKN.

Ada 41.794 bibit tanaman yang ditargetkan akan didistribusikan di 9 paket proyek pekerjaan pembangunan infrastruktur IKN.

Jalan Tol Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung menjadi bagian dari Jaringan Jalan Tol Penunjang IKN yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Jalan Tol ini akan menghubungkan antara wilayah Kota Balikpapan-Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Baca Juga  Presiden Jokowi Ungkap Alasan Upacara HUT RI ke-79 Diselenggarakan Di IKN Dan Jakarta

Panjang jalan tol 7,3 kilometer,diharapkan menghemat waktu tempuh perjalanan dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Jarak tempuh sebelumnya yakni 2 jam, kini hanya 45 menit.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion